Game Modern Masterpiece Terbaik Grand Theft Auto V (GTA V)

 

Gameplay GTA V

Halo sobat Musafir Game, kali ini kita akan membahas game dengan judul ikonik yaitu Grand Theft Auto V (GTA V). Permainan ini merupakan salah satu game rilisan tahun 2013 dan telah berhasil mengagumkan jutaan gamer dari seluruh dunia hingga saat ini. Pengembangan dilakukan oleh oleh Rockstar North dan kemudian diterbitkan Rockstar Games, permainan yang satu ini menjadi salah satu judul masterpiece dalam industri game, bukan hanya karena grafik yang memanjakan mata, namun juga karena game ini menawarkan kebebasan bermain tanpa harus mengikat pemain ke misi tertentu saja. Kita dapat melakukan penjelajahan di seluruh bagian dunia terbuka (universe) realistis yang ada pada GTA V tanpa batas.

Pengalaman bermain Grand Theft Auto V (GTA V) yang ditawarkan ada beraneka ragam dan menarik untuk dinikmati, Kami merangkum beberapa aspek yang menjadi pengaruh besar dalam menciptakan suasana gaming yang unik, berikut merupakan hal-hal yang menjadi unsur utama untuk dilirik dari gameplay GTA V:

1) Konsep Tiga Karakter Utama

Gameplay GTA V

Sebagai seorang gamer yang mengenal GTA dari versi-versi sebelumnya, seperti yang kita ketahui penggunaan karakter utama hanyalah satu orang saja. Tetapi hal ini berbeda dengan GTA versi ke-5, salah satu inovasi dari developer Rockstar yang ditambahkan adalah adanya fitur atau kemampuan untuk beralih antara tiga karakter utama. Iya kalian tidak salah dengar, ketiga karakter tersebut bernama Michael, Franklin, dan Trevor.

Story dalam game konsol yang satu ini diatur dalam tiga 3 karakter dengan latar belakang yang berbeda, yakni Michael seorang perampok bank yang pensiun dini; Franklin seorang pemuda dari lingkungan kelas pekerja; dan Trevor dikenal sebagai karakter psikopat yang sangat jorok dan tidak mudah diprediksi. Melalui mereka yang bertiga ini, pengkombinasian dari sifat dan kerja sama memberikan bentuk kisah cerita yang bagus an epic. GTA V menonjol dengan karakter-karakternya yang kompleks dan beragam. Dimana masing-masing karakter memiliki latar belakang dan keahlian yang unik, dan pemain dapat beralih dari satu orang ke yang lain secara cepat dengan menekan tombol bawah tahan dan memilih menggunakan analog kanan kapanpun selama permainan. Fitur ganti karakter ini memungkinkan player agar bertukar peran ketika sedang menjalani sebuah misi dan bereksplorasi melalui aspek cerita.

2) Lingkungan Hidup dan Interaktif dengan kebebasan bermain

Gameplay GTA V

Kalau kita membicarakan soal lingkungan permainan maka tidak diragukan lagi GTA V merupakan salah satu game yang terbaik dari segi kualitas pada masanya. Kualitas tersebut tidak hanya menyangkut lingkungan visual bermain, tetapi juga interaksi dengan warga yang memberikan respon terhadap tindakan pemain. Pengembangan NPC (Non-Playable Characters) oleh developer bukan main-main, sampai pada tingkat memiliki rutinitas harian mereka sendiri. Hal ini menjadikan kita sebagai player seperti melihat sebuah dunia terbuka dipenuhi dengan berbagai kehidupan dan aktivitas yang membuatnya terasa realistis.

Konsep yang selalui diusung melalui gameplay GTA V adalah tingkat kebebasan menjelajah yang diberikan kepada pemain. Kita diberikan opsi bebas untuk mengikuti cerita utama, mengeksplorasi dunia terbuka, perang sama pak pol :v,  atau sekedar melakukan random action seperti jadi penjudi, balapan mobil atau motor, bermain golf dan lain-lain. Grand Theft Auto V menawarkan dunia terbuka sangat luas dan sangat terperinci, yakni Los Santos dan sekitarnya. Player mempunyai kebebasan penuh untuk mekakukan penjelajahan kota, pedesaan, pegunungan, dan bahkan lautan.

Setiap tempat/daerah memiliki ciri khas tersendiri dan penuh dengan detail untuk memberikan atmosfer dunia yang realistis. Kota besar disini merupakan fiksi yang pembuatannya terinspirasi dari Los Angeles, hal tersebut membuat videogame memancarkan aura suasana kehidupan metropolitan dengan detail yang luar biasa. Pemandangan gunung hingga daerah lautan, menciptakan pengalaman yang nyata dan memikat untuk berlama-lama menikmatinya.

Gameplay GTA V

Pemain bisa mengembangkan kemampuan/keahlian karakter, seperti kemampuan mengemudi, menembak atau lari. Kondisi ini memberi unsur RPG (Role-Playing Game) pada permainan dan menambah kedalaman pada pengembangan tokoh. Sebagai info tambahan Franklin punya sepecial ability untuk melambatkan waktu ketika mengemudi, Michael memiliki kemampuan melambatkan waktu ketika membidik, Trevor memiliki special ability mengurangi damage yang diterima.

3) Grafik Visual, Sound, dan detail mengesankan

Gameplay GTA V

Beranjak pada aspek yang membedakan GTA V ialah grafiknya yang memukau. Dengan penggunaan teknologi canggih dalam pengembangan game hingga perilisan, permainan ini menyajikan visual yang luar biasa, dari efek cahaya hingga animasi karakter dan scene dalam story yang realistis. Kita harus berterima kasih karena Rockstar memperhatikan pengembangan setiap detail, baik itu jalanan, cuaca, kendaraan, gedung dirancang dengan teliti untuk menciptakan pengalaman visual yang lebih mengesankan.

Grafik yang memukau dan sound yang mantap memberi pengalaman visual dan auditif yang mendalam. Detail kendaraan, karakter, dan lingkungan tidak diragukan menciptakan dunia yang penuh imersi. Secara keseluruhan, tidak diragukan gameplay GTA V adalah kombinasi yang baik berbagai elemen in-game, diantaranya kebebasan eksplorasi dunia terbuka, cerita yang mendalam, aksi yang intens, dan berbagai kegiatan sampingan yang membuatnya tetap menarik bagi pemain dari berbagai kalangan.

4) Mode Multiplayer - Grand Theft Auto Online (GTAO):

Gameplay GTA V

GTA V tidak hanya menawarkan kita pengalaman bermain secara solo dengan suguhan cerita yang keren, namun juga mempunyai mode multiplayer yang menjadi sangat sukses dan populer, yaitu Grand Theft Auto Online (GTAO). Jika kita menekan tombol bawah pada stick PS3 ada karakter kustomisasi diantara karakter utama cerita. Ketika bermain GTAO, pemain dapat menjelajahi dunia terbuka bersama teman-teman mereka yang lain melalui jaringan internet, berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, dan juga menjadi pimpinan dalam dunia kriminal maya yang dinamis.

Fitur ini adalah hal baru dalam sejarah pengembangan GTA yang diaplikasikan ke dalam gameplay GTA V. Pemain dapat melakukan kustomisasi karakter, menjadi pebisnis kriminal, membeli property, dan melakukan interaksi dengan player lainnya secara online. Mode ini terus berkembang dan diperbarui dengan konten baru, sehingga tidak membosankan dan pemain mendapatkan pengalaman bermain yang terus berkembang.

5) Misi dan Pencapaian bervariasi

Gameplay GTA V

Ada sejumlah misi dan achievement gameplay GTA V yang bisa diselesaikan. Kebanyakan misi berisi tindakan berencana, misal perampokan bank yang begitu realistis, tembak-menembak, mengejar kendaraan, aksi pembunuhan dan banyak lagi. Setiap misi dirancang dengan baik dan menampilkan beragam tantangan yang musti diselesaikan dengan kemampuan bermain yang handal memberikan tantangan baru dan pengalaman yang seru. Player juga bisa mendapatkan achievement melalui kegiatan di luar cerita dan kegiatan sampingan untuk mendapatkan pengalaman tambahan. Opsi yang banyak diberikan agar pemain bisa sekehendak hati memilih pendekatan yang sesuai dengan gaya bermain mereka.

Penutup

Gameplay GTA V

Bagi kita Grand Theft Auto V tetap menjadi salah satu game terbaik selama bertahun-tahun setelah perilisannya. Game ini memiliki latar dunia terbuka luas yang menawarkan kebebasan bermain bagi player dalam free mode ataupun mengikuti cerita yang epik. Penganimasian dan beragam interaksi karakter yang mantap, misi yang seru, dan mode baru multiplayer online GTA yang menghibur membuatnya menjadi game pilihan utama bagi para gamer di seluruh dunia. Walupun sudah demikian lama sejak tahun perilisannya, kemantapan permainan yang disajikan dalam GTA V tetap tak terlupakan dan terus memikat para pemain baru konsol serta pemain lama yang setia.

Sekian penjelasan kita kali ini dengan tema game GTA V. Info tambahan dalam waktu dekat versi GTA VI akan dirilis, hal ini terbukti dengan beredarnya video trailer yang langsung popular di seluruh dunia dalam sekejap. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Revelation: New World Game MMORPG Kompetitif

Genshin Impact Game Open World Fantasy Online Adventure

Bully Game Action Adventure Terbaik Dengan Tema Sekolah